Jumat, 29 Juni 2012

Waktunya Memulai Usaha

Rekan Triviji Yth,

Dlam posting kali ini perkenankan saya sedikit berbagi pengalaman tentang bagaimana kita seharusnya memulai suatu usaha. Pemahaman disini sangatlah perlu mengingat masih banyak diantara kita yang merasa sangat bingung bagaimana cara memulai usaha yang bijaksana.

Sedikit kita lihat tentang pekerjaan. Jika kita bekerja di pabrik, apa selamanya kita bisa bekerja di pabrik. Usia kita semakin bertambah sedangkan kemampuan kita secara fisik semakin berkurang. Kita sekarang mungkin mampu mengangkat beban 50Kg, namun untuk 10 tahun lagi apa masih kuat?

Jika kita sudah tidak produktif untuk bekerja ditempat lain, jika tidak memiliki usaha sendiri lanta kita mau mendapatkan uang dari mana? Bunga bank? Ya kalau memiliki tabungan yang cukup? Dari anak? Ya kalau anaknya mampu memberikan lebih. Jadi solusinya ya harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan setidaknya untuk diri sendiri.

Untuk membangun usaha dibtuhkan permodalan mental yang kuat. Modal materi bisa dicari dengan cepat. Namun mental bisnis perlu pengalaman dan perlu diasah serta dipersiapkan dengan proses yang panjang. Mental bisnis tidak akan datang serta merta. Harus melalui proses latihan.

Kalau kita saat ini masih cuek dengan masa depan, kapan kita akan melatih mental bisnis? Kalau kita sekarang keluar dari kerja, apakah mental anda sudah cukup untuk membangun usaha? Jika selama ini anda mendapat gaji bulanan, apakah anda siap jika di awal – awal membangun usaha haru mengeluarkan uang sedangkan penghasilan belum ada?

Hemmnnn... kalau bicara soal modal kayaknya serem banget dech... Mending modal materi gak usah terlalu dipikirkan. Kalau modal mental sudah jadi modal materi pasti mudah didapat.

Untuk memulai usaha sebaiknya jika anda selama ini bekerja ditempat lain, anda rintis kecil – kecilan terlebihdahulu. Usahakan saat merintis bisnis anda lakukan secara fair. Yaitu diluar jam kerja anda ditempat lain atau setelah pekerjaan anda selesaikan. Karena jika anda merintis dengan mengambil jam kerja anda ditempat lain itu sama artinya anda mencurangi / mendholimi orang lain. Padahal segala sesuatu yang diawali dengan jelak hasilnya dipastikan jelek juga.

Okey. Konsultasi ke 0817271369

Semoga bermanfaat
Kazzu
=========== Mungkin yang anda cari ============

Tidak ada komentar:

Posting Komentar